Jenis Batu Akik Jagat Merah Asli Indragiri Bernilai Jutaan

Batu cincin khas Kabupaten Indragiri Hulu, Propinsi Riau, sekarang ini laris keras di market, lantaran motif batu yang diminati oleh orang-orang ada di beberapa konter batu.

 " Beberapa ratus motif batu yang di pajangkan di beberapa tempat menarik perhatian customer, sampai beberapa pemerhati batu akik di daerah berusaha untuk mengadakan kontes tingkat kabupaten di Riau, " kata salah satu pengagum batu cincin, Yudi Ansari (34) di Rengat, Jumat (16/1/15) tempo hari.

Disebutkan, sampai kini pengagum batu cuma sebagian orang saja, namun dalam sebagian bln. paling akhir peminat batu cincin makin tinggi dari mulai warga umum sampai kelompok petinggi tinggi di daerah.

Batu cincin khas Indragiri bermacam bentuk serta coraknya, seluruhnya sangatlah menarik serta jumlahnya terbatas, batu yang dinilai berkwalitas sangatlah langka sampai di jual dengan harga yang sangatlah tinggi dapat jadikan asesories serta oleh-oleh.

 " Batu berwarna hitam pekat yang di kenal dengan nama batu hitam laksamana dapat di jual dengan harga beberapa puluh juta rupiah, batu jangat yang berwarna merah, kuning dapat dinilai dengan harga jutaan rupiah, " sebutnya.

Menurut dia, Indragiri dapat juga disebutkan lumbung batu berkwalitas tinggi, cuma saja yang turut mempromosikan aset daerah ini masih tetap minim, namun bila pameran serta kontes batu yang akan digelar Pebruari 2014 berhasil, jadi di prediksikan bakal beresiko luar umum pada daerah.

 " Bukanlah saja ekonomi orang-orang bertambah, kesempatan usaha jadi tambah namun daerah ini bakal jadi kunjungan pengagum batu akik, " katanya.

Akik Bermotif

Sesaat yang memiliki batu akik yang bermotif, Kasmedi (40), menyampaikan bahwa dianya mengetahui batu cincin mulai sejak setahun paling akhir, lantaran lagi trend.

 " Saya mempunyai beberapa puluh batu cincin berkwalitas seperti kecubung ulung, delima, tapak jalak emas, batu raflesia, batu bacan serta beberapa batu sungai dareh, " katanya.

Diterangkan Kasmedi, sebagian batu hasil olahan orang-orang Indragiri dipunyainya sangatlah unik yaitu batu laksamana merah muda, batu tegar harimau, batu giok Indragiri, ini seluruhnya berkwalitas serta bernilai tinggi yang telah di tawarkan beberapa pengagum batu.

Pameran batu pada Pebruari 2014 yaitu salah satu bentuk kepedulian pencinta batu, bahkan juga pada kontes nanti di usahakan menghadirkan beberapa ratus motif batu bergengsi, sampai potensi daerah bisa di kembangkan dengan baik.
Share on Google Plus

About Unknown

Selamat datang para pecinta batu akik yang hobi mengkoleksi,http://kolektor-batuakik.blogspot.com akan memberikan info seputar tren batu akik saat ini
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar